Investasi Syariah: 4 Hal Penting Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Investasi Syariah

Link Banner

Investasi syariah atau penanaman modal secara syariah kini menjadi salah satu produk investasi yang mulai dilirik oleh banyak orang, khususnya para muslim. Faktor pertimbangan utama mengapa orang memilih investasi syariah daripada investasi konvensional adalah sistem dan peraturan yang berlaku disesuikan dengan kaidah islam. Berbagai manfaat dan keuntungan bisa didapatkan oleh investor yang mempercayakan dananya dikelola oleh lembaga keuangan yang menjalankan investasi syariah. Mau tahu lebih jauh hal-hal yang berkaitan dengan investasi syariah? Berikut ulasannya.

Apa perbedaan Investasi syariah dengan Investasi Konvensional?

investasi syariah

Perbedaan utama antara kedua investasi ini terletak pada pemberian bunga/riba, seperti yang kita ketahui pada investasi konvensional terdapat riba sedangkan pada investasi syariah tidak ada karena riba merupakan salah satu kegiatan yang dilarang atau diharamkan dalam agama islam.

Apa Saja Bentuk Investasi Syariah?

Investasi syariah terbagi menjadi 2 jenis yaitu investasi berupa barang atau berbentuk fisik (aktiva riil) dan surat-surat (aktiva finansial). Contoh investasi syariah aktiva riil adalah emas, permata, perak,property, tanah, rumah, dll sedangkan untuk aktiva finansial seperti deposito, obligasi, saham, dan surat-surat berharga lainnya.

Apa Prinsip Dasar Investasi Syariah?

investasi syariah

Sudah selayaknya setiap ingin melakukan kerjasama, kita harus mengetahui apa saja prinsip yang diterapkan pihak pengelola dana investasi. Pada investasi syariah terdapat prinsip transaksi sebagai berikut:

  • Pelarangan terhadap segala macam bentuk kegiatan yang syubhat atau haram seperti riba, judi, penipuan, gharar (ketidakjelasan), dll
  • Bermanfaat untuk kedua belah pihak
  • Setiap investor berhak dan memiliki kebebasan dalam membuat kontrak berlandaskan kesepakatan kedua belah pihak
  • Memenuhi kewajiban akad sesuai kesepakatan
  • Setiap dilakukan transaksi perlu adanya etika yang harus diterapkan
  • Harus ada dokumentasi atau surat perjanjian saat transaksi dilakukan yang telah mencapai kata sepakat
Baca Juga  Tips Membuat Dan Contoh Proposal Bisnis Plan

Apa Saja Keuntungan dan Manfaat Ikut Investasi Syariah?

  • Mendapatkan Keuntungan

Melakukan investasi syariah tidak hanya dapat menguntungkan kedua belah pihak, baik bagi investor maupun lembaga keuangan yang mengelola investasi syariah, tetapi juga masyarakat secara luas. Untuk investor, ada keuntungan bagi hasil dari investasi yang ditanamkan, sedangkan bagi pengelola investasi mendapatkan tambahan modal untuk kelangsungan bisnis yang dijalankan. Masyarakat umum juga ikut mendapatkan manfaat secara tidak langsung dari adanya investasi syariah seperti turut menikmati produk-produk baru yang dihasilkan dari usaha investasi, adanya kemajuan dalam sektor industri yang membuat lapangan kerja bagi masyarakat,  penurunan harga barang, dll.

 

  • Terjamin Halal

Penerapan prinsip investasi syariah membuat setiap tindakan yang dilakukan berkaitan transaksi investasi terjamin kehalalannya. Halal untuk setiap muslim adalah sesuatu yang mutlak sehingga hal ini sangat penting untuk diperhatikan.

 

  • Investasi Yang Transparan atau Jelas

Segala tindakan yang dapat merugikan salah satu atau kedua belah pihak perlu dihindari, seperti adanya penipuan. Oleh karena itu, investasi syariah sangat hati-hati dalam menyalurkan dana yang dikelola. Dengan demikian, setiap tindakan dan tujuan menjadi lebih jelas terlebih bagi investor.

 

  • Tingkat Stabilitas Relatif Terjamin

Terbukti investasi syariah lebih aman dan stabil dibandingkan investasi konvensional saat perekonomian global sedang krisis, hal ini karena adanya kerjasama dengan perusahaan yang memiliki struktural modal yang baik.

Baca Juga  Peluang Usaha Di Rumah Dengan Modal Kecil

 

  • Kemudahan Dalam Melakukan Kegiatan Sosial

Adanya basis terpercaya yang bekerjasama dengan perbankan syariah membuat para investor yang ingin menyalurkan zakat, infaq dan sedekah menjadi lebih mudah.

 

 

Link Banner
Investasi Syariah: 4 Hal Penting Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Investasi Syariah | Akurat Post | Tags: , , ,