Peningkatan Kesadaran Akan Bahaya AIDS Di Peringatan Hari AIDS Sedunia

Link Banner

Tanggal 1 Desember 2015 kemarin telah diperingati sebagai hari AIDS sedunia dan peringatan tersebut tak hanya menimbulkan kesadaran akan bahaya AIDS di Indonesia tetapi juga di seluruh dunia. Ada berbagai fakta menarik yang ditemukan setelah WHO mencanangkan peringatan hari AIDS sedunia di tahun 1987, diantaranya:

Hari ADIS Sedunia

  • Virus HIV dan penyakit AIDS adalah penyebab utama kematian di negara Afrika maupun negara lainnya secara global, dimana sejak tahun 2000 sebanyak 30 juta orang terinfeksi HIV dan sekitar 8 juta orang meninggal karena pengobatan yang dilakukan tidak memadai.
  • Hingga tahun 2015 ini angka kematian akibat AIDS, diperkirakan akan mencapai belasan juta orang di seluruh dunia.
  • Di Indonesia sendiri, virus HIV dan AIDS menjadi ancaman penyebab kematian ke-3 selain malaria dan TBC, dengan pasien paling banyak terdapat di kota Jakarta.
  • Hingga tahun 2015, meski peralatan untuk pengecekan penyakit AIDS sudah memadai, hanya sekitar 50-60% pasien yang menyadari bahwa mereka mengidap penyakit tersebut.

Fakta-fakta diatas, membuat First Lady di Kenya, Margaret Kenyatta bahkan meminta pada para masyarakatnya agar memerangi AIDS dengan meningkatkan kesadaran masing-masing orang untuk menjalani tes darah. Hal tersebut karena kekhawatirannya saat melihat banyaknya kasus AIDS di kalangan pemuda khususnya wanita. Sebagai usaha dalam memerangi AIDS, Margaret juga telah bekerjasama dengan US PEPFAR untuk mengucurkan dana sebesar 3 milyar Dollar yang akan dipergunakan untuk pemeriksaan sekaligus perawatan warganya yang terdeteksi menderita AIDS. Terkait hal yang sama, di Indonesia sendiri kini telah banyak diadakan kampanye AIDS melalui seminar maupun sosial media untuk menyadarkan masyarakat Indonesia tentang bahaya penularan AIDS. Meski demikian, masih banyak orang yang masih salah mengartikan penyakit AIDS maupun metode pencegahannya. Oleh karena itu, tak ada salahnya jika Anda menyimak informasi berikut.

Baca Juga  Cara Memutihkan Gigi Secara Alami Dengan Cepat

Definisi, penyebab, dan gejala

Penyakit AIDS (autoimmune defisiensi syndrome) dapat diartikan penurunan kekebalan tubuh seseorang yang disebabkan oleh infeksi virus HIV. Virus tersebut akan menyerang sel limfosit T dan B yang berhubungan dengan aktivitas sel dalam membunuh bakteri asing, sehingga ketidakmampuan sel yang terjadi akan berakibat penurunan daya tahan tubuh dan abnormalitas sel defensif. Ada berbagai hal yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya seperti AIDS, diantaranya:

  • Hubungan seksual

Ketika ada orang yang sering berhubungan intim dengan orang lain yang bukan pasangan sahnya, kemungkinan untuk menderita penyakit AIDS tentunya semakin tinggi karena tidak adanya keamanan saat berhubungan. Dalam hal ini, virus HIV penyebab AIDS akan menular melalui cairan vagina atau air mani.

  • Transfusi darah

Ketika Anda melakukan kegiatan yang berhubungan dengan transfusi darah, Anda harus memastikan bahwa di lokasi tersebut kehigienisan alat adalah hal utama yang dijaga oleh paramedis, karena jika tidak kemungkinan Anda untuk tertular HIV AIDS melalui transfusi semakin besar.

  • Genetis

Faktor yang satu ini hanya mungkin terjadi ketika seorang ibu yang sedang hamil didiagnosis positif menderita HIV AIDS. Kromosom gen yang telah terinfeksi virus secara tidak langsung akan diturunkan pada janin dengan prosentase yang berbeda-beda pada setiap janin.

Dari berbagai penyebab diatas, Anda perlu tahu bahwa masa inkubasi HIV AIDS sangat lama sehingga terkadang hasil tes darah yang dilakukan seseorang belum tentu memberikan hasil positif. Adakalanya dari pemeriksaan darah, pasien yang bersangkutan baru dinyatakan benar-benar positif setelah mengalami gejala seperti demam, penurunan daya tahan tubuh, dan pembengkakan kelenjar secara simultan.

Baca Juga  Cara Menurunkan Berat Badan 7 Kg dengan Melakukan Diet Mayo

Pencegahan penyakit

Ketika Anda didiagnosis menderita AIDS atau setidaknya ada seseorang di sekitar Anda yang menderita AIDS, jangan langsung kucilkan mereka karena hal tersebut hanya akan memperburuk kondisi psikologis pasien yang bersangkutan. Dalam kehidupan sehari-hari setidaknya Anda dapat melakukan beberapa kegiatan seperti berikut ini agar tidak tertular penyakit AIDS.

  • Setia hanya pada satu pasangan ketika berhubungan seksual
  • Tidak menggunakan alat kesehatan seperti jarum suntik, alat transfusi, dan lainnya secara bersama-sama untuk meminimalisir resiko tertular HIV.
  • Mengkonsumsi makanan dan minuman yang kaya antioksidan, vitamin, dan mineral.

Demikian informasi singkat mengenai AIDS dalam rangka memperingati hari AIDS sedunia. Mudah-mudahan dalam peringatan hari AIDS sedunia ini dapat meningkatkan kesadaran kita mengenai bahaya AIDS yang sangat menghatui dunia kesehatan bagi manusia di seluruh dunia.

 

Link Banner
Peningkatan Kesadaran Akan Bahaya AIDS Di Peringatan Hari AIDS Sedunia | admin | Tags: