7 Gejala Kanker Serviks Ini Wajib Di Waspadai!

Link Banner

Gejala kanker serviks memang sangat penting sekali bagi para wanita untuk mengetahuinya. Hal ini dikarenakan penyakit kanker yang satu ini termasuk salah satu penyakit yang paling mematikan. Penyakit kanker ini termasuk penyakit yang berbahaya dan ditakuti setiap wanita. Adapun penyebab utama dari penyakit kanker serviks ini yaitu karena adanya virus yang bernama HPV atau Human Papilloma Virus. Virus tersebut dijumpai dari 7% wanita yang mengalami HIV positif sementara sisanya sediri untuk wanita mana pun. Di negara Indonesia sendiri kanker ini termasuk ancaman untuk para wanita, sebab berdasarkan data yang dijumpai bahwa setiap hari sebanyak 40 wanita yang ada di Indonesia dinyatakan mengalami kanker serviks dan sebanyak 20 orang diantaranya telah meninggal dunia.

Statistik dan Gelaja Kanker Serviks

Gejala Awal Kanker Serviks

Gejala kanker serviks sendiri sebenarnya baru bisa diketahui ketika penderitanya telah mengidap kanker serviks dengan stadium lanjutan. Di stadium awal sendiri, penderita dari kanker servikls ini akan terinveksi virus seperti layaknya oerempuan normal. Namun pemeriksaan medis memakai bantuan dari tes papsmear sendiri bisa mendetiksi adanya kanker serviks sejak masih dini. Adapun test papsmear sendiri bisa dilakukan ketika sudah mencapai usia 21 tahun. Kemudian selanjutnya pemeriksaan dilanjutkan dengan berkala sekali dalam 3 tahun. Di usia 30 mulailah dilakukan pemeriksaan test papsmear serta test HPV dengan terus menerus sampai mencapai usia 65 tahun.

Baca Juga  Cara Membuat Anak Laki-Laki dengan Perhitungan yang Mudah

Adapun gejala-gejala dari penyakit kanker serviks lainnya adalah sebagai berikut :

Pendarahan

Kebanyakan para wanita menganggap pendarahan terjadi dikarenakan siklus dari menstruasi yang tak wajar atau tidak normal. Namun, Anda harus mewaspadai bila darah keluar di area vagina dengan intensitas yang sering serta berlangsung secara rutin. Jika hal tersebut terjadi, maka harus segera memeriksakan diri ke dokter.

Keputihan Patogonis

Gejala kanker serviks berikutnya adalah keputihan atau flour albus denga keluarnya cairan berwarna putih di area vagina dengan jumlah yang banyak. Walaupun tak semua jenis keputihan sendiri berbahaya, namun bila Anda mengalaminya disertai ciri-ciri seperti cairan keputihan berubah kental, keluarnya keputihan sangat banyak, menimbulkan bau yang tak sedap, dan warnanya menjadi tak normal (seperti kecoklatan, kehijauan dan kekunin-kuningan). Selain itu, timbul pula rasa gatal dan panas di area kewanitaan. Jika hal tersebut dialami, maka harus segera berkonsultasi pada dokter spesialis.

Sakit di Area Kewanitaan

Human Paviloma Virus yang menyerang penderita kanker serviks biasanya menyerang area vagina yang menyebabkan timbulanya  rasa sakit karena perkembangan virus tersebut serta bisa mengganggu daya tahan tubuh. Hal inilah yang menyebabkan minculnya rasa sakit di area paha, area perut bawah, sakit di persendian, sakit saat berhubungan badan, dan sakit saat buang air besar.

Turunnya Nafsu Makan

Tanda-tanda awal terjadinya kanker serviks berikutnya adalah turunnya nafsu makan sehingga menyebabkan menurunnya imunitas tubuh dan rawan terhadap stres, gelisah berlebihan serta mengganggu energi tubuh.

Baca Juga  Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan

Sakit Saat Buang Air Kecil

Gejala kanker serviks berikutnya adalah sakit ketika buang air kecil. Hal ini dikarenakan infeksi virus HPV yang menyerang kantung kemih sehingga membuat penderitanya menjadi sakit ketika buang air kecil. Adapun nyeri saat buang air kecil ini merupakan gejala kanker serviks di stadium lanjut.

Bengkak di Area Kaki

Jika Anda mengalami gejala-gejala di atas, ditandai dengan pembengkakan di area kaki yang tanpa sebab, hal tersebut perlu diwaspadai. Hal ini bisa jadi karena serangkaian serangan virus yang menyebabkan terjadinya kanker serviks.

Pendarahan Ketika Berhubungan Intim

Kanker serviks biasanya menyerang seseorang yang kerap kali bergonta ganti pasangan. Hal ini bisa menyebabkan risiko penyakit seksual tnggi sehingga menyebabkan terjadinya kanker serviks. Di samping itu, penderita pun akan mengalami rasa sakit saat berhubungan intim, bahkan mengalami pendarahan.

Karena sulitnya mengetahui adanya kanker serviks sejak dini, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan dengan melakukan test papsmear. Di samping itu, sebenarnya kanker serviks sendiri bisa dilakukan pencegahan secara dini dengan melakukan vaksinasi. Adapun vaksinasi ketika remaja bisa dilakukan saat berusia 10 tahun dengan memberikan perlindungan sampai mencapai 98%. Itulah ulasan mengenai gejala kanker serviks yang perlu kita ketahui!

Link Banner
7 Gejala Kanker Serviks Ini Wajib Di Waspadai! | admin | Tags: , ,