Cara Membuat Obat Bius Tradisional Dari Kecubung

Saat ini obat bius tradisional telah menjadi andalan bagi seluruh masyarakat di dunia. Kebanyakan orang menggunakan obat bius tradisional ini untuk membantu mengatasi gangguan susah tidur. Cara membuat obat bius tradisional yang mudah membuat kebanyakan orang menggunakannya sebagai obat insomnia atau susah tidur. Salah satu tanaman yang bisa digunakan untuk membuat obat bius tradisional adalah kecubung. Kecubung atau datura metel adalah tumbuhan berjenis perdu yang memiliki batang kayu dan juga tebal. Canang dari kecubung ini dapat melebar dan membuat ruang yang lebar akan tetapi  tingginya hanya 2 meter.

Daun dari kecubung ini berbentuk bulat telur dan berlekuk tajam pada tepi daun saling berhadapan. Bunga dari kecubung sendiri berbentuk seperti terompet dan memiliki warna putih lembayung, buah dari tumbuhan ini bulat pepat salah satu dari ujungnya terdapat tangkai tandan yang pendek dan menempel dengan kuat. Di luar buah tersebut terdapat duri dan isi dari buah ini adalah biji-biji kecil memiliki warna kuning kecoklatan dan bahan inilah yang dapat dipakai untuk membuat obat bius tradisional.

Cara Membuat Obat Bius Tradisional Dari Kecubung

Cara Membuat Obat Bius Tradisional Dari Kecubung

Selain kecubung, ada juga tanaman yang bisa digunakan untuk membuat obat bius tradisional yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Diantaranya adalah stramonim dan brugmansia suaveolens, humb bonpl, ex wild, bercht serta presl. Beberapa tanaman ini hidup didaerah dataran rendah dengan ketinggian 800 meter di atas permukaan laut. Tidak hanya tumbuh di ladang saja, tanaman tersebut juga dapat ditanam di kebun atau pelataran rumah terutama bagi warga pedesaan.

Baca Juga  Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan

Cara membuat obat bius tradisional dari kecubung :

Bahan yang dibutuhkan : daun kecubung, minyak kelapa

Cara membuatnya : remas-remas daun kecubung hingga mengeluarkan getahnya, campurkan dengan minyak kelapa hingga merata.

Cara menggunakannya : hiruplah aroma dari campuran daun kecubung dan minyak kelapa tadi.

 

Selain untuk obat bius, tanaman ini juga dapat dijadikan obat untuk asma, rematik, sakit pinggang, pegal linu, bisul dan eksim.

Cara penggunaannya :

  1. Asma

Bahan : 10 lembar daun kecubung

Caranya dengan mengiris daun tersebut kemudian jemur hingga kering. Pakai untuk merokok dengan kelobot  jagung.

Bahan : daun dan bunga kecubung

Caranya dengan diris dan jemur hingga kering, pakai untuk ganti dari tembakau.

 

  1. Rematik

Bahan : daun kecubun dan minyak kelapa

Caranya dengan meremas daun hingga layu lalu oleskan minyak kelapa dan panggang. Ketika ramuan tersebut masih hangat, tempelkan pada tempat yang sakit

 

  1. Sakit pinggang/boyok, pegal dan memar

Bahan : empat lembar daun kecubung dan kapur sirih

Caranya dengan mencampur bahan tersebut, haluskan dan buat adonan. Pakailah sebagai bedak/param dan berikan pada tempat yang sakit

 

  1. Eksim

Bahan : 3 lembar daun kecubung dan minyak kelapa

Caranya tumbuk sampai halus dan campur dengan minyak kelapa lalu panggang. Gunakan saat ramuan masih hangat dan gosokan pada tubuh yang terkena eksim

 

Demikianlah cara membuat obat bius tradisional dari kecubung dan manfaat lain dari tanaman kecubung. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba memanfaatkan bahan-bahan tradisional alami di sekitar kita !